Jumat, 15 September 2017

15 Cara Diet Yang Baik, Benar dan Tepat

15 Cara Diet Yang Baik, Benar dan Tepat


15 cara diet dengan benar

1.Tidak Mengkonsumsi Lemak

Untuk mengurangi jumlah lemak yang kamu makan, kamu dapat menghilangkan lemak yang ada di daging, memilih minum susu rendah lemak dari pada yang full fat, Bahan makanan lain yang rendah lemak namun tinggi protein adalah kacang-kacangan dan tahu. Berikut beberapa tips memasak untuk mengurangi kandungan lemak:
  • Makanan berkuah bisa didinginkan terlebih dahulu di dalam kulkas agar lemak yang mengeras dipermukaannya bisa dihilangkan.

  • Sebaiknya daging dimasak dengan cara dibakar, direbus, atau dipanggang agar lemak bisa terlepas dari daging. Jangan digoreng.

  • Pilih perasan lemon, bumbu dapur atau herbal lain untuk ditambahkan pada sayuran daripada memakai keju, mentega, atau krim.


Saat kamu makan diluar, pilihlah makanan seperti ikan atau ayam yang direbus maupun  dipanggang. Hindari makanan yang digoreng, di tumis, maupun yang mengandung mentega, krim, dan margarin.
  1. Makan Makanan Yang Lambat Dicerna


Contohnya seperti gandum, beras cokelat dan pasta. Makanan tersebut dicerna lebih lambat daripada makanan yang berbahan gandum putih, sehingga akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama.
  1. Harus SarapanSetiap Hari


Sarapan yang sehat akan memberikan kamu energi. yang dibutuhkan untuk memulai hari anda dan ada beberapa penelitian yang membuktikan orang yang membiasakan sarapan setiap hari jarang mengalami kenaikan berat badan. karena makan makanan bergizi saat sarapan bisa mengurangi rasa lapar dalam sehari dan membantu kamu memilih makanan yang lebih baik saat makan nanti.
  1. Mengkonsumsi Buah dan Sayuran


Berikut adalah 5 alasan untuk makan lima porsi buah dan sayuran :
  1. Buah dan sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral, termasuk asam folat, vitamin C, dan potassium.

  2. Mengandung serat yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah konstipasi maupun penyakit pencernaan lain. Diet dengan tinggi serat juga bisa menurunkan resiko kanker usus.

  3. Dapat mengurangi resiko penyakit jantung, stroke, dan kanker lainnya.

  4. Buah dan sayur berperan penting dalam diet yang sehat dan seimbang.

  5. Buah dan sayur memiliki rasa yang enak dan terdapat berbagai macam varietas.


Buah dan sayur juga rendah lemak dan kalori. Karena itu, makan buah dan sayur bisa mengontrol berat badan dan menjaga jantung tetap sehat. Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam sehari, pembagian lima porsi mengharuskan penggunaan buah dan sayuran yang bervariasi.

Hal ini dikarenakan buah dan sayuran memiliki kandungan serat, vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang berbeda. Hampir semua jenis buah dan sayur bisa digunakan dalam lima porsi sehari. Sebagai pengecualian adalah kentang, ubi, dan singkong karena mengandung zat tepung. Anda bisa mengkonsumsi buah dan sayur dalam keadaan segar. Pilihan lainnya adalah dengan dibuat jus atau smoothie. Khusus untuk buah anda juga bisa mengkonsumsinya dalam bentuk yang sudah dikeringkan.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda ikuti untuk melakukan diet lima porsi sehari :
  • Untuk sarapan anda bisa menambahkan buah seperti segenggam berry atau potongan pisang pada sereal dan yogurt rendah lemak. Anda juga bisa menambahkan jamur dan tomat pada telur dadar. Untuk mengonsumsi jus atau smoothie jangan menambahkan pemanis.

  • Selalu tambahkan sayur pada masakan favorit anda.

  • Sediakan juga salad atau sayur pendamping saat makan malam.

  • Buah bisa dikonsumsi sebagai pengganti cemilan yang tidak sehat.

  • Jangan malas untuk berbelanja buah dan sayur.

  1. Perbanyak Konsumsi Air Putih


Apabila anda ingin mengemil, cobalah untuk minum terlebih dahulu seperti minum segelas air putih atau secangkir teh. Seringkali kita mengira bahwa kita lapar padahal sebenarnya kita haus.

Berikut ini adalah manfaat air putih untuk diet:
  • Air putih dapat menambah energi saat berolahraga

  • Air putih bisa meningkatkan metabolisme

  • Air putih bisa membantu mengatasi rasa lapar. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa bisa saja kita keliru mengira rasa lapar sebagai rasa haus

  • Air putih meningkatkan tenaga kita

  • Konsumsi air putih membuat kita menghindari minuman yang lain

  • Meredakan sakit tenggorokan

  • Menjaga kinerja organ ginjal

  • Menghaluskan kulit tubuh

  1. Minum Air Putih Tiap Dua Jam Sekali


Apabila anda hanya minum air putih hanya pada saat anda haus tentu tubuh anda akan mengalami lemas yang disebabkan kurangnya cairan tubuh. Aturan yang dipakai untuk mengukur kebutuhan cairan tubuh adalah dengan melihat warna urine anda. Apabila urine berwarna kuning gelap itu merupakan tanda tubuh kekurangan cairan. Agar urine berwarna kuning cerah atau jernih yang merupakan indikator baik, penting untuk minum segelas air putih saat bangun tidur dan tiap dua jam. Saat setelah anda buang air kecil, sebaiknya minum segelas air untuk mengganti cairan tubuh.
  1. Tambahkan Rasa Pada Air Putih


Air putih tidak memiliki rasa apapun dan banyak yang tidak menyukainya karenanya. Namun, ada alternatif sehat yang bisa dilakukan untuk menambahkan rasa pada air putih. Penggunaan pemanis buatan sebaiknya dihindari karena bisa menyebabkan respon pada bagian otak tertentu yang bereaksi pada gula sehingga bukannya memberi efek penurunan berat badan yang terjadi malah kenaikan berat badan. Pemberian rasa alami bisa dilakukan dengan menambahkan perasan lemon dan buah lain seperti raspberry untuk mengurangi rasa kecut dari lemon.
  1. Infused water


Penambahan buah dan sayuran bisa menambah rasa pada air putih. Infused water dengan buah atau disebut agua fresca adalah menambahkan irisan buah seperti jeruk, grapefruit, raspberry, jeruk nipis, lemon, bahkan semangka ke dalam sebotol air lalu didiamkan di kulkas.

Penting untuk menunggu agar air dan buah bisa tercampur. Ini merupakan alternatif terbaik untuk menambahkan rasa pada air putih. Berikut cara membuat infused water.
  1. Sparkling Water


Sparkling, atau yang biasa dikenal dengan air putih berkarbonasi juga merupakan alternatif bagi orang yang sedang diet tetapi ingin minum minuman bersoda tanpa khawatir akan kandungan kalori yang tinggi. Apabila anda sedang menjalani diet rendah garam dan ingin mencoba sparkiling water, sebaiknya cek kandungan sodium yang terdapat dalam minuman, terlebih apabila anda sedang menurunkan berat badan. Namun apabila anda menderita sindrom iritasi pencernaan sebaiknya hindari konsumsi sparkling water karena dapat memperburuk kondisi karena pelepasan CO2 yang menyebabkan kembung dan produksi gas meningkat.
  1. Hindari Minuman Bersoda


Maksudnya adalah dengan minuman yang rendah gula, lemak dan alkohol. Ganti minuman bersoda dengan sparkling water yang diberi irisan lemon. Jangan lupa bahwa alkohol mengandung kalori yang tinggi, jadi menghentikan minum minuman beralkohol bisa membantu anda mengontrol berat badan.

Bagian Kesehatan Masyarakat Harvard melaporkan bahwa peningkatan konsumsi minuman tinggi gula merupakan kontibutor besar terhadap obesitas epidemik. Minuman tinggi gula seperti coca-cola, sprite, dan fanta, merupakan salah satu penyebab obesitas terutama pada anak-anak. “Perusahaan minuman di Amerika Serikat menghabiskan kira-kira 3,2 milyar dollar untuk memproduksi minuman bersoda di tahun 2006, dimana hampir setengah milyar ditujukan untuk konsumen usia 17 tahun ke bawah.”, menurut Harvard.

Kebanyakan perusahaan minuman bersoda, seperti coca-cola, menawarkan alternatif minuman bersoda dengan sebutan “zeros”. Minuman tersebut merupakan minuman bersoda yang mengandung kalori lebih rendah namun berasa seperti minuman bersoda pada umumnya, sebagaimana diharapkan bisa mengurangi obesitas. Minuman diet soda ini sebenarnya tidak disarankan karena juga bukan termasuk minuman sehat.
  1. Tidak Mengkonsumsi Makanan Junk Food atau Makanan Cepat Saji


Seringkali kita yang hidup diperkotaan lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan cepat saji daripada masak sendiri dirumah dengan alasan menghemat waktu. Namun tanpa anda sadari kebiasaan buruk anda ini akan membawa dampak yang sangat buruk bagi kesehatan anda. Mengapa bisa demikian? karena saat anda membeli makanan cepat saji anda tidak mengetahui seberapa besar banyak penyedap rasa yang penjual masukkan, atau minyak untuk memasaknya sehat atau tidak.

Hal ini sangat dengan mudah membuat berat badan anda naik dengan drastis, karena kandungan gizi yang di sajikan tidak sesuai dengan kebutuhan kita. Cara yang paling aman yaitu kita masak sendiri di rumah, sehingga kita mengetahui seberapa banyak penyedap rasa dan juga kesegaran dari sayuran kita.
  1. Mengkonsumsi Kacang-Kacangan 


Cara diet yang baik selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi kacang-kacangan yang mengandung banyak vitamin dan juga protein. Kacang-kacangan juga dapat dengan mudah menurunkan berat badan anda dalam waktu yang sangat singkat. Semua jenis kacang sangat baik untuk tubuh, seperti kacang tanah, kacang buncis, kacang hijau, kacang merah, kacang almond, kacang mete, dan lain sebagainya. Cara mengolah kacang untuk menu diet juga sangat mudah, seperti dengan membuat bubur kacang hijau, atau mengolahnya sebagai masakan untuk lauk sehari-hari.
  1. Mengkonsumsi Ikan Laut


Jenis ikan untuk diet yang belum banyak diketahui orang banyak sangatlah membantu kita dalam proses penurunan berat badan kita. Karena ikan mengandung banyak protein dan juga omega 3 yang sangat baik untuk kecerdasan otak anak. Mengkonsumsi ikan laut yang masih segar juga akan membuat tubuh menjadi sehat dan kuat. Jenis ikan yang cocok adalah seperti ikan emas, ikan salmon, ikan lele, ikan patin, dan lain sebagainya. Untuk cara pengolahannya, ikan memang susah susah gampang. Anda bisa mengolahnya dengan cara digoreng, dibalado, di beri santan, dan lain sebagainya sesuai dengan selera anda. Jadi sekarang jangan ragu untuk mengkonsumsi ikan laut ya !!
  1. Mengkonsumsi Olahan Susu Rendah Lemak


Susu juga memang sangat menyehatkan tubuh, namun jika kita salah mengkonsumsinya atau malah minum susu dengan lemak yang sangat tinggi yang ada tubuh kita akan semakin melar. Jadi baca daftar gizi yang ada dalam kemasan susu. Susu juga mengandung banyak protein, vitamin yang baik untuk tubuh. Contoh olahan susu yang baik untuk menurunkan berat badan seperti susu rendah lemak, yoghurt, susu kedelai, keju, dan lain sebagainya.
  1. Olahraga Secara Rutin 


Olahraga juga sangat penting dalam sebuah proses diet. Anda bisa melakukan olahraga di waktu senggang anda, atau di pagi hari sebelum berangkat kerja. Cukup olahraga yang ringan saja namun secara rutin. Seperti lari pagi, push up, shit up, skot jump, yoga, aerobic, senam lantai, dan olahraga lainnya, namun semua harus diawali dengan pemanasan agar tidak terjadi cidera pada otot anda.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar